Labels

Tuesday, September 25, 2012

2 Pelepasan Tukik

Menilik sebentar kebelakang, salah satu momen ketika ane Kuliah Kerja Lapangan pas di Bali adalah wisata ke pantai Kuta. Ya.. intinya cuman pantai sih, tapi karena adanya di Bali yang dikemas sebagai "Pulau Wisata" jadi terkesan "beda". Tapi uneg-uneg ane bukan tentang pantai kuta-nya... ane tertarik dengan Pelepasan Tukik...

Ane dan beberapa kawan waktu itu sengaja memisah dari yang lain. Panas adalah alasannya. Bayangkan saja siang-siang sudah sampai pantai kuta sedangkan sunset adalah bel tanda harus kembali ke Bis. Waktu selama itu mau ngapain di pantai panas-panas -_____-" . Jadi kami (Ane, Arbye, Ahmad, Bayu, Antisto) jalan-jalan dulu muter-muter sekitar kuta. Hasil kami jalan-jalan adalah bahwa harga apapun disekitar situ = mahal hahaha.. banget!.







Ah sudahlah, menjelang sore kami balik ke pantai lagi. Sesampainya di pantai kami menjumpai ada barisan bule-bule memanjang menghadap kelaut. Ngapain mereka?. Penasaran, langsung samperin ke TKP dan ternyata baru ada pelepasan tukik-tukik ke laut!!. Pesertanya anak-anak kecil bule, remaja, dan dewasa (sebagian adalah orang tua dari bule2 kecil) komplit lah..

Ketika itu ane ingat, petugas terus mengarahkan peserta pelepasan tukik-tukik, begitu dilepas ketika ombak mulai datang langsung dah rame banget!. Bule-bule kecil teriak-teriak "It's Mine!! It's Mine!! It's Mine!!" sambil nunjuk tukik yang dilepaskannya melaju lebih jauh dari yang lainnya. Petugas juga ikut menyemangati, si Orang tua tidak kalah rame, meladeni antusiasme anaknya..


Hahaha seru sekali, kegembiraan yang bebas lepas dari keluguan seorang anak kecil. Ane berpikir, "Mungkin ini akan menjadi salah satu momen membahagiakan bagi si anak, dan bagi orang tuanya pasti bahagia melihat anaknya begitu antusias dan begitu ceria :D"



Ane juga melihat tukik-tukik yang berjuang menuju ke laut. Setiap ombak datang, peserta antusias menunggu tukik tersapu ombak. Saat seperti itu ane berpikir kalau jadi tukiknya hahaha...
Ane pasti berjuang begitu kerasnya (karena dilepas agak jauh dari laut) menggapai cita-cita yaitu menuju ke laut. Sebentar berhenti, dilanjut jalan, berhenti, jalan, begitu seterusnya hingga mendekati laut. Ketika tiba-tiba ada ombak yang menyapu si Tukik, ane terharu.. "Itulah salah satu cita-citamu yang telah engkau gapai di waktu muda wahai penyu kecil".

Ane benar-benar terharu. Ikut senang bersama para peserta, juga bersama tukik-tukik yang lepas ke lautan... farewell..
mmh.. Bukankah ini mirip kehidupan?

2 comments:

Post a Comment