Skip to main content

Menguasai dunia

- Kelak kehidupan yang seperti apa yang ingin dicapai? Mau jadi apa?
+ Kebanyakan jawaban yang saya temui adalah "hidup tenang dan terjamin". 

- Bagaimana mencapainya? 
+ Kebanyakan jawaban yang saya temui adalah "cari duit, naik jabatan, investasi, simpan ini itu.."

Okelah silahkan, itu pilihan masing-masing. Tapi ada gak yang memiliki tujuan semisal: 
- Membahagiakan orang tua?
- Membuka lowongan pekerjaan? 
- Menyejahterakan lingkungan sekitar?
- Menyantuni fakir miskin?
- Hidup harmonis dengan lingkungan sekitar?
- Buka sekolah murah /gratis sekalian?
- Buat Rumah sakit khusus orang tidak mampu?
- Meminimalisir kemungkaran?
Yang itu memang tujuan sedari awal bukan hanya untuk melegalkan "berburu duit/jabatan/prestige?"

Kalau punya uang banyak sekali, lalu kenapa? bisa beli ini itu, lalu kenapa? bisa pergi kesana kemari, lha terus kenapa? Apa asiknya sendirian memiliki ini itu? Ambilah contoh seperti halnya tokoh antagonis di film-film dengan tujuan "menguasai dunia" Lalu kalau dunia sudah dikuasai, semua bisa diatur, semua patuh, apa-apa terpenuhi, terus kenapa?

Ketika nonton film dengan tokoh si antagonis memiliki tujuan demikian, saya sering membayangkan jika saya menggantikan posisi antagonis. Lalu anggaplah tujuan tercapai. Okelah saya dipuncak tertinggi menguasai dunia, bawahan banyak, disegani, harta melimpah. So what? udah gitu aja? gak ada tujuan lagi dong hidup di dunia? kok gak mutu sekali ya? :D 

Tapi kok ya yang seperti itu banyak yang mencari? minimal berusaha menirunya meski skala kecil? Apa tidak ada yang lebih berguna/manfaat guys? Lalu biasanya dibenturkan dengan pernyataan "Uang memang bukan segala-galanya tapi semua butuh uang". Hmm.. tidak ada yang salah kok dengan uang, saya tidak mempermasalahkan itu. Silahkan saja. Hanya ubah kalimat itu menjadi "Memang semua butuh uang tapi uang bukan segala-galanya". Nah itu yang saya maksud..

Entahlah... 
Lelah mendengar cuitan uang, jabatan, prestige, harga diri, kepantasan, dan semisalnya.


Comments

Post a Comment

Followers