Skip to main content

Toraja - Makassar



17 Agustus 2018. Berkesempatan untuk ke Toraja yang kedua kalinya dengan rombongan yang berbeda. Kali ini tujuan utamanya adalah menyaksikan Ma' Nene yaitu prosesi pengangkatan Jenazah untuk dibersihkan yang sudah menjadi tradisi di daerah Toraja.

Itu tadi adalah harapan, karena berbeda dengan kenyataannya hehe.. Sulit menentukan jadwal pasti Ma' Nene yang tentu harus disesuaikan dengan kesempatan libur yang ada. Kita hanya berkesempatan melihat awal dari prosesi pemakaman. Jadinya lebih banyak kita gunakan untuk berkeliling ke tempat-tempat wisata di Toraja.

Itenerary singkat:
Toraja. Jumat 17 Agustus 2018: otw Makassar langsung ke Toraja malam harinya. Sabtu : Pangli (ada prosesi awal pemakaman *Rambu Solok), Kete' Kesu (Rumah Tongkonan dan kubur batu). Minggu : Lolai (Negeri di atas awan), Pango-Pango (tempat wisata semacam bukit berkabut tebal), Burake Hills, Londa (Kubur Batu). Senin: Batutumonga (titik tertinggi di Toraja), Lokomata (Batu besar dengan banyak kubur batu), Bukit Nona sekaligus perjalanan balik ke Makassar.

Makassar. Selasa: P. Badi lanjut P. Lanjukang (info yang didapat pulai Lanjukang dihuni oleh orang-orang kerdil, tapi ketika kami kesana ternyata penghuninya sudah bercampur dengan orang bertinggi normal). Rabu: Selesai sholat ied lanjut ke Rammang - rammang (tempat wisata dengan bukit-bukit Karst)

Rasanya kalau dituliskan semua keseruan akan menjadi panjang sekali tulisan karena banyaknya tempat yang kami kunjungi. Saran aja jika mau jalan-jalan ke tempat-tempat tersebut diatas:
  • Untuk menghemat lebih baik charter mobil untuk berangkat dari Makassar ke Toraja sekaligus berkelilling disana.
  • Biaya sewa kapal menuju P. Lanjukang Rp. 1 - 1,5 Juta
  • Biaya sewa kapal menuju Rammang - rammang Rp 200 ribu
  • Menuju dermaga kapal di Rammang - rammang dari Makassar bisa memakai jasa ojek online
  • Jangan segan bertanya. Guide kami google maps, kecuali untuk pencarian lokasi Ma' Nene kami diantar guide lokal penduduk sana. Orang Toraja dan Makassar baik-baik semua :D.
Barangkali sedikit info yang dapat membantu:
  • Ma' Nene. Pelaksanaan Ma' Nene adalah hasil kesepakatan/diskusi yang punya hajat jadi tidak bisa dipastikan tanggalnya. Hanya saja berlangsung sekitar bulan Juli-Agustus
  • Lolai (Negeri di atas awan) tidak selalu berawan, mungkin di musim penghujan baru muncul
  • Pango - Pango. Perjalanan menuju ke Pango - pango perlu ekstra hati-hati karena selain elevasi curam juga tidak ada pembatas antara jalan dengan jurang. 
  • Rammang - rammang. Paling bagus dinikmati saat golden hour atau pagi hari menunggu sunrise. Terdapat banyak tempat menginap jika ingin bermalam. Kapal menuju Rammang - rammang tersedia dari pagi subuh hingga malam.

Prosesi Pemakaman

Kete' Kesu

Kete' Kesu

Lolai

Pango - Pango

Batutumonga

Lokomata



Pulau Badi


Pulau Lanjukang

Pulau Lanjukang

Rammang - rammang

Rammang - rammang



Comments

Followers