Skip to main content

Jangan lupa untuk "hidup"



Berbagi Ilmu dikit nih, semoga berguna. Bermula dari sering lihat kegalauan di mana-mana. Entah itu galau karena cinta, galau karena Usaha, Bahkan galau untuk hal-hal yang masih Ghaib *masa depan*. Ternyata ane perlu sharing sesuatu yang semoga bisa membantu pembaca-pembaca menyikapi persoalan.



Gimana ya mengawalinya? Ane mau sekadar berbagi ide nih...
Untuk apa merenungi, menyesali, galau terhadap sesuatu yang ghaib? galau, merenungi, itu gak bakal mengubah apapun di masa depan! karena itu masih bersemayam di pikiran! bukan tindakan/action!

Ayolah, masa depan tidak akan terjadi, juga tidak akan pernah ada. Jika hari ini/masa sekarang tidak ada!. So, Kita hidup di MASA SEKARANG! bukan di MASA LALU maupun MASA DEPAN!. Kenapa tidak untuk menikmati hidup saja? berbuat sesuatu di masa sekarang misalnya? Masa depan itu tidak akan pernah ada jika hanya dibayangkan!

Ane kasih contoh sederhana nih, ini dari apa yang ane alami saja, biar gak sok tau.

Contoh 1
Jujur, ane tidak begitu suka cuaca panas plus pengap!. Padahal untuk berpergian keluar kota apalagi dari Semarang itu panas!. Hingga suatu hari ane menyadari sesuatu. Ketika bekendara, ane mencoba menikmati perjalanan. Melihat-lihat sekitar, mencoba membayangkan jika ane menggantikan orang2 di pinggir jalan, ada yang jual-beli, ada anak2 yang bermain, ane coba merasakan di posisi mereka. Langsung hati jadi tentram, mak nyeesss... seakan menghadirkan suatu masa di masa lampau. Kadang bersiul-siul/menyanyi menghibur sendiri. Dan sama sekali gak ngerasa panas, badan gak keringetan, sampai tujuan gak kerasa...
Sekarang hal itu hampir selalu saya praktekkan. Beda dengan dulu. Ketika berkendara selalu saja berpikir "Sampai tujuan jam berapa ya?", ada motor yang ugal-ugalan langsung emosi, lampu merah langsung gregetan (karena panas plus pengap), yang belakang klakson2 terus padahal lampu baru saja Hijau, wah pokoknya sering emosi sendiri di jalan!

yaa.. ane menyadari, menikmati Hidup itu Aseeekk!!
sesuatu yang kita benci jika dinikmati dengan cara lain bahkan menghadirkan rasa yang berbeda. Menghadirkan mood ketika kecil, kenangan2 masa kecil hadir. Itu sungguh menentramkan...

Contoh 2
Ane punya kebiasaan nih :
Orang mau mengejek ane, silahkan. Ane senyum saja... Eh Ngeyel? yaudah diiyakan saja.. selesai..
Orang mau merendahkan ane, silahkan. Ane senyum saja... Eh Ngeyel? yaudah diiyakan saja.. selesai..
Orang mau menyusahkan ane, silahkan. Ane mengalah saja... masih ada cara lain untuk melakukan sesuatu...
Orang ngajak bekerjasama, diseriusin kok malah dia-nya gak serius, yasudah tinggalkan saja. Ane gak rugi, kan ane yang diajak kerjasama...
Orang mau mendebat ane?, silahkan. Kalau penting saya jawab, gak penting dan mengada-ada, saya mengalah saja... selesai...

gak perlu repot kan? masih banyak hal lain kok yang membuat kita tersenyum daripada mempermasalahkan hal kecil dan sepele.
Ingat, kita hidup bukan diatur orang lain! jadi abaikan omongan orang2 yang bernilai negatif! Selalu positif thinking, namun tetap tidak keras kepala, berHati-hati, cermat, teliti, dan aseeek!

Contoh 3
Ane pernah nih kehabisan uang saku pas masa-masa ospek. Kebutuhan banyak dan ane bener-bener kehabisan uang. Meminta ortu tentu malu apalagi jika merasa uang saku yang diberi sudah cukup. Apa yang ane pikirkan? 
Yak! ada hape!, untuk sekadar sms dan telepon mah gak perlu yang neko-neko. Hape pun di Jual (sebenernya pingin digadaikan, tapi tidak tahu tempatnya. Mau tanya teman, nanti malah dia-nya melarang dan malah jadi merepotkan dia). Rugi 700rb, gak masalah selama gak merepotkan orang tua dan orang lain. Kehidupan pun berlanjut... 
Terus kalau ketahuan? nah ane beli yang paling murah "mbak ada hape yang paling murah gak?". Nabung bulan2 berikutnya, dan ane pun beli lagi hape yang merknya persis dengan yang dijual dulu.


Yah, sederhananya masalah itu bisa diatasi dengan:
1. Mengusahakan agar kemasan masalah menjadi aseeek dengan menerapkan cara berpikir yang beda, dan tidak memandang sempit segala sesuatunya.
2. Ya tinggal diatasi saja!, contoh 3. gak punya uang? Jual apa yang bisa dijual... tinggal nabung lagi, ngirit, pasti kebeli lagi apa yang dijual!!
3. Life is never flat! sibuk dan fokus mengurusi hal-hal yang tidak mengenakkan itu gak banget!!! diluar itu, kehidupan yang penuh cerita, keasikan, kenangan selalu menunggu kita! yang perlu kita lakukan ya tinggal jemput saja hal-hal mengasikkan itu, tinggalkan yang tidak mengenakkan!

semoga bermanfaat...

Comments

Followers